Penyebab Kulit Kering Dan Sensitif Yang Harus Di Ketahui

Advertisemen
Penyebab Kulit Kering - Jika sebagian besar perempuan merasa pusing mengatasi kulit wajah nya yang sangat berminyak sehingga wajah seperti mengkilat, maka di sisi lain justru ada yang kulit wajahnya sangat kering dan sangat sensitif. Pemilik kulit kering‎ juga tersiksa karena wajah mereka tak menghasilkan minyak sama sekali.

Wajah pun terasa kering, ketat, hingga perih. Pemilik kulit kering memang harus lebih memperhatikan produk kecantikan. Hindari kesalahan yang kerap terjadi dalam pemilihan produk atau teknik pengaplikasikannya.

Ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap kondisi kulit kering dan sensitif. Baik faktor internal seperti keturunan, pengaruh hormon, proses penuaan dan gejala penyakit kulit. Maupun faktor eksternal seperti iklim, kondisi lingkungan sekitar, sinar ultraviolet, deterjen atau sabun yang terlalu keras, efek terapi pengobatan dan nutrisi buruk.

Penyebab Dan Perawatan Untuk Kulit Kering

1. Cuci Muka dengan Sabun Batang
‎Pemilik kulit kering harus teliti dalam memilih sejumlah produk perawatan kulit, termasuk sabun cuci muka. Usahakan untuk tidak menggunakan sabun batangan atau sabun dengan bahan yang cenderung keras. Sabun tersebut akan mengikis minyak alami kulit, menyebabkan timbunan sel kulit mati dan membuat kulit terasa ketat.

2. ‎Menggunakan Toner yang Salah
Terkadang toner kurang bersahabat dengan kulit kering. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan toner mengandung bahan-bahan yang semakin mengeringkan kulit, seperti beberapa jenis alkohol atau ethanol. Jika Anda masih ingin menyisipkan toner ke dalam rutinitasi perawatan wajah, cari saja yang formulanya bebas alkohol. ‎Selain bisa menghapus riasan, sebagian toner juga bisa lebih melembabkan.

Penyebab Kulit Kering

3. ‎Tidak Memperhatikan Bahan Pelembab
‎Seperti sabun dan toner, saat memilih pelembab untuk kulit, usahakan untuk memperhatikan bahan yang terkandung. Untuk kulit kering, pilih pelembab yang mengandung ceramide, seperti sea butter, beeswax, minyak jojoba, minyak bunga matahari, atau minyak wortel.

4. ‎Membiarkan Kulit Polos
Selesai mencuci muka, langsung saja mengaplikasikan pelembab, toner, atau serum. Wajah kering tidak baik dibiarkan satu menit tanpa produk perawatan karena bisa menyebabkan dehidrahasi.

5. ‎Melewatkan Krim Malam
‎Sebagian wanita berpikir bahwa krim malam akan membuat kulit tak bisa bernafas dan lelah akan produk-produk kecantikan. Mereka pun jadi tidak mengaplikasikan krim malam. Hal itu sebenarnya tidak benar.

6. Pelembab Berlebihan
Karena wajah mereka tak berminyak sama sekali, pemilik kul‎it kering kerap mengaplikasikan pelembab lebih banyak. Sebenarnya hal tersebut adalah tindakan yang salah. Karena pelembab yang berlebihan akan menutup pori sehingga bisa mudah timbul jerawat.

Seluruh faktor tersebut memicu kerusakan lipid atau lapisan minyak di kulit. Lipid berfungsi sebagai pelindung edermis, mengikat kadar air supaya kulit tetap lembut, elastis dan kenyal. Maka ketika lipid rusak, kulit menjadi kering dan mudah teritasi. Inilah sebabnya kulit tetap kering meskipun sudah dioleskan pelembab.

Pelembab biasa hanya memberikan kelembaban sementara tanpa memperbaiki lipid yang rusak. Beberapa pelembab yang memiliki wewangian atau pewarna malah dapat memicu kondisi kulit sensitif.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments